Rabu, 10 Februari 2016

Pencak Silat


Pencak silat adalah salah satu kesenian yang terus terjaga kelestariannya secara turun temurun oleh warga Dusun Gesingan, Pandesari Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Pencak silat yang sudah berdiri sejak 67 tahun lalu ini mempunyai banyak jenis gerakan yang indah. Kesenian yang diberi nama pencak silat “Rukun Abadi” diketuai oleh Bapak Mudjiono. 

Latihan rutin dari pencak silat ini biasanya pada malam hari setelah shalat Isya dan bertempat di basecamp pencak silat. Kesenian ini beranggotakan dari semua warga dusun gesingan baik dari kalangan anak-anak, para remaja baik laki-laki maupun perempuan dan juga orang dewasa yang sangat jago dan lihai gerakannya. Kesenian pencak silat ini biasa dimainkan secara individu dan juga bisa juga dimainkan secara berkelompok. 

Banyak sekali atraksi menarik dan membahayakan yang menjadi ciri khas dari kesenian ini. Alat-alat yang digunakan untuk pertunjukan dari pencak silat ini yaitu: kendang, bantengan, bedug, monteng, celurit, belati dan masih banyak yang lainnya.

Related Posts

Pencak Silat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.